0812-2222-935 info@songarafting.com

Taman Wisata Studi Lingkungan atau yang biasa disingkat dengan TWSL adalah ruang terbuka hijau yang dipenuhi dengan beragam jenis tumbuhan dan telah menjadi rumah baru bagi beberapa hewan karena hal tersebut membuat warga sekitar menyebut taman ini Kebun Binatang Probolinggo. Yap, jika dilihat secara seksama taman ini seperti kebun binatang kecil. Beberapa jenis hewan hidup di sini, hal tersebut ternyata sukses menarik perhatian warga sekitar buat berkunjung ke Taman Wisata ini. Mereka juga tidak perlu jauh-jauh ke Surabaya atau Prigen untuk bisa berkunjung ke Kebun Binatang.

 

Kebun Binatang Probolinggo

Dengan adanya Kebun Binatang Probolinggo ini, produktivitas lahan semakin meningkat. Warga sekitar kebun binatang jadi merasakan manfaat, seperti naiknya pendapatan mereka, apalagi ketika memasuki akhir pekan dan musim liburan. Tidak cuma itu saja, tempat ini disebut sebagai sarana meningkatkan kepedulian terhadap pengelolaan dan pelestarian lingkungan. Jadi, Probolinggo tidak cuma memiliki tempat wisata saja, tapi mereka memiliki aset sangat berharga berupa kebun binatang ini.

Kini TWSL telah dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Informasi dan Pendidikan Lingkungan Hidup (UPT.IPLH) serta di bawah Badan Lingkungan Hidup Kota Probolinggo berdasarkan Perda Probolinggo Nomor 3 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kota Probolinggo. Peraturan tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan peraturan Walikota Nomor 23 Tahun 2005 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup.

Kebun Binatang Probolinggo atau Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) diresmikan langsung oleh Bapak Walikota Probolinggo pada 15 September 2006 silam di hari Jumat yang cerah. Di tanggal tersebut juga bertepatan dengan acara parade bunga dan kirab budaya. Nantinya, tempat wisata ini akan mengalami pembangunan berkelanjutan guna menarik banyak wisatawan. Biar jika wisatawan berkunjung ke Probolinggo memiliki opsi destinasi lain, selain Air Terjun Madakaripura.

Kini TWSL sedang dalam proses pengembangan di bagian satwa dan penambahan beberapa jenis pohon. Sejauh artikel ini terbit, sudah terdapat 20 jenis pohon dan satwa. Jenis-jenis pohon yang ada di sana di antaranya ialah waru rangkang, pohon mahoni, mengkudu, dan tumbuhan lain. Untuk hewan relatif beragam, seperti burung rajawali, wak-wak, kakatua, ular piton, buaya, dan mamalia. Tempat ini memang sangat cocok buat anak-anak, pihak pengelola juga telah menyediakan tempat bermain anak-anak dan perpustakaan yang didukung langsung oleh UPTD PISLH. Pengunjung langsung bisa mencari informasi dari buku bacaan tanpa perlu pusing mencari bukunya ke mana.

Jadi dengan begitu, pengunjung mendapat banyak manfaat sesuai apa yang mereka harapkan. Mereka bisa berlibur bersama keluarga ketika akhir pekan sambil menambah informasi tanpa jauh-jauh dari kota Probolinggo

 

Harga Tiket Masuk

Buat pengunjung usia 2 sampai 12 tahun akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk orang dewasa biayanya Rp 8.000 per orang. Harga tiket masuk Kebun Binatang Probolinggo ini terbilang murah jika dibandingkan dengan daya tarik yang ditawarkan. Apalagi masih belum banyak wisatawan yang datang ke sini, pasti dijamin liburanmu akan lebih seru dan puas.

 

Spot Foto

Meski masuk dalam kategori eduwisata, tapi Kebun Binatang Probolinggo juga memiliki spot foto buat kamu yang ingin berfoto dengan latar belakang keren. Salah satu spot foto yang paling sering dipakai ialah mural yang menghiasi dinding TWSL ini. Mural tersebut adalah karya murid salah satu sekolah yang ada di Probolinggo. Spot foto di Kebun Binatang Probolinggo kemungkinan akan ditambah seiring visi pengelola membuat banyak wisatawan berkunjung ke sini.

Tidak cuma mural saja, ada spot foto instagramable lainnya yang bisa kamu pilih, yakni pita warna-warni, sepeda raksasa, gapura berbentuk love dan lain-lain. Maka dari itu, jangan lupa bawa kamera atau smartphone canggih kamu jika berkunjung ke sini.

 

Alamat

Lokasi Kebun Binatang Probolinggo berada di Jl. Basuki Rahmat, Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67217. Tempatnya cukup mudah ditemukan, kamu bisa mengikuti arahan rute dari kami di bawah.

 

Rute

Kebun Binatang Probolinggo berjarak sekitar 3 km dari alun-alun Probolinggo. Buka smartphone kamu, pilih aplikasi google maps atau semacamnya, ketik Kebun Binatang Probolinggo, ikuti arahan dari aplikasi tersebut, jika tersesat kamu bisa tanya tukang parkir atau orang sekitar yang pasti akan membantumu menemukan alamatnya.

 

Jam Buka

Kebun Binatang Probolinggo dibuka untuk umum mulai pukul 07.00–17.00 WIB setiap hari kecuali hari Jumat, libur.

 

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola cukup lengkap, selain wahana-wahana yang sudah kami sebutkan di atas, pengelola juga memberikan tempat khusus untuk kuliner seperti warung tenda yang menjual makanan dan minuman. Warung tenda tersebut dikelola oleh warga sekitar. Ada musala juga, jangan khawatir ketinggalan menunaikan ibadah ketika berkunjung di TWSL ini. Toilet bersih buat para pengunjung supaya bisa nyaman berlibur ke sini. Ada gazebo juga jika kamu capek berkeliling melihat satwa atau tumbuhan yang ada di TWSL ini. Apalagi jika kamu membawa bayi, gazebo ini sangat membantu untuk melepaskan capeknya kaki setelah keliling sambil menghirup udara segar.

Untuk anak-anak telah disediakan tempat khusus bermain, jadi para orang tua jangan ragu membawa anaknya berkunjung ke TWSL. Berlibur tanpa membawa oleh-oleh khas memang seperti ada yang kurang, maka dari itu di TWSL telah tersedia para penjual oleh-oleh khas Probolinggo. Silakan mampir untuk membeli oleh-oleh tersebut untuk keluarga yang ada di rumah. Pedagang kaki lima juga banyak, jika kamu ingin membeli cemilan atau minuman buat bekal ketika berkeliling.

 

Koleksi Satwa Baru

Pada tahun 2019 silam, Kebun Binatang Probolinggo termasuk tempat wisata yang stagnan meski memasuki musim liburan seperti hari raya lebaran. Penyebabnya disinyalir karena minimnya satwa koleksi. Hal tersebut langsung menjadi evaluasi pihak pengelola. Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo langsung berinisiatif menambah koleksi satwa di mini kebun binatang ini.

Hal tersebut dibenarkan langsung oleh Kepala BLH Probolinggo, Budi Krisyanto, ia menyatakan bahwa tahun ini akan ada koleksi satwa baru berupa dua Harimau Benggala. Kedua satwa tersebut didatangkan langsung dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Semarang, Jateng.

Dua Harimau Benggala itu, menurut Budi Krisyanto, adalah dua satwa hibah dari BKSDA Semarang. Tim dari BKSDA sendiri sebelumnya sudah melakukan konservasi, dan juga uji kelayakan kandang, hasilnya semua sudah lulus.

Harimau-harimau tersebut nantinya akan dikembangbiakkan di TWSL Kota Probolinggo. Tidak cuma itu saja, Budi Krisyanto, juga menambahkan bahwa akan ada perluasan lahan hingga 4 hektar di sisi utara. Semuanya sudah disiapkan bahkan sampai di masterplan. Nantinya TWSL Kebun Binatang Probolinggo ini bisa bersaing dengan tempat wisata lain di Kota Probolinggo ketika memasuki musim liburan.

Butuh Info Cepat ?