081 330 713 478 info@songarafting.com

Berkunjung ke Kabupaten Probolinggo kini seperti kembali menyusuri jalan di era Hayam Wuruk 500 tahun silam. Menurut cerita masyarakat sekitar, setelah Mahapatih Gadjah Mada menyatukan Nusantara sekitar tahun 1357 Masehi silam, Raja Hayam Wuruk merupakan orang pertama yang menikmati keindahan alam Probolinggo.

Hayam Wuruk sempat tinggal cukup lama di Probolinggo karena terpesona akan indahnya panorama alam. Tempat Hayam Wuruk itu diberi nama prabu linggih yang lama-lama mengalami perubahan menjadi Probolinggo. Songa Rafting memakai salah satu tempat yang dulu pakai oleh Mahapatih Gadjah Mada mandi sebagai starting point rafting.

 

Sungai Pekalen

Dari Probolinggo, perlu melewati jalan 25 km menuju ke Sungai Pekalen, tepatnya berada di antara 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Tiris, Kecamatan Gading, dan Kecamatan Maron. Sungai Pekalen memiliki bentaran dengan jarak 29 km dan dibagi menjadi 3 area. Songa Rafting membaginya jadi 3 bagian, Sungai Pekalen Atas jaraknya 12 km, Sungai Pekalen Tengah jaraknya 7 km, dan Sungai Pekalen Bawah jaraknya 10 km.

Karakter Sungai Pekalen ini bertebing dan berkelok dengan panorama alam indah. Terdapat puluhan jeram, grade antara 2-3+, yang menantang nan eksotis. Megahnya air terjun, serunya goa kelelawar, pemandangan satwa-satwa langka masih bisa kamu lihat di sini, terutama ketika rafting bersama Songa Adventure.

 

Air Terjun Sungai Pekalen

Siapa sangka bahwa selain memiliki aliran air yang deras dan bebatuan besar, salah satu hal yang dipakai untuk menentukan sungai buat arung jeram adalah keindahan alam sekitar sungai itu sendiri. Sungai Pekalen Probolinggo memiliki semua syarat sempurna untuk dijadikan tempat rafting. Sungai ini memiliki 7 air terjun sekaligus.

Rafting Sungai Pekalen dimulai dari garis start yakni di Desa Ranu Gedang, Probolinggo. Aliran sungai yang deras membuat peserta rafting puas melakukan olahraga ekstrem ini di sini. Masing-masing Sungai Pekalen mulai dari atas sampai bawah memiliki tantangan yang berbeda-beda. Dengan lebar mencapai 12 meter, membnuat Sungai Pekalen sangat pas buat para peserta yang baru memulai rafting. Meski memiliki grade 2-3+ dan ditambah batu-batuan besar, faktanya rafting di Sungai Pekalen sangat seru dan relatif mudah.

Peserta rafting setidaknya akan melewati 50 jeram yang akan menjadi hambatan laju perahu karet nantinya. Pastikan Anda menggunakan helm, rompi pelampung, dan dayung sebelum terjun rafting ke sungai. Jangan lupa juga untuk mendengarkan instruktur Anda.

Sesekali air sungai nanti akan masuk ke dalam perahu dan membasahi diri kamu, tapi di sinilah serunya bermain arung jeram. Dayung terus perahu kamu sampai bertemu air terjun di Sungai Pekalen.

Serunya Sungai Pekalen ialah selain memiliki banyak jeram, kamu juga nantinya akan melihat air terjun di tengah-tengah perjalan rafting. Tidak cuma 1 air terjun, melainkan langsung 7 air terjun di Sungai Pekalen.

Tujuh air terjun tersebut akan kamu temui secara bergantian. Setiap lokasi yang kamu lewati memiliki keindahan alam yang berbeda-beda. Untuk itu, siapkan kamera kamu buat mengabadikan momen rafting atau indahnya alam sekitar Sungai Pekalen.

Hal yang perlu kamu lakukan ketika rafting adalah mengatur tenaga supaya kuat sampai menuju garis finish. Kamu tidak hanya melewati 7 air terjun Sungai Pekalen saja, perjalanan masih lanjut sampai ketemu garis finish. Jangan sampai kamu sudah capek di tengah perjalanan karena nanti akan memperberat tugas teman kamu di perahu karet tersebut.

Kesempatan kamu tarik nafas akan beristirahat sebentar yakni ketika perahu karet kamu mulai masuk ke dalam sungai dengan aliran air tenang. Di sini kamu bisa memanfaatkannya untuk tarik napas atau memotret alam sekitar. Namun, kamu harus hati-hati dengan teman atau instruktur kamu yang kadang iseng membalikkan perahu kamu.

 

Rafting Songa

Songa Adventure merupakan salah satu jasa penyedia olahraga rafting yang ada di Probolinggo. Selain menyediakan jasa rafting mereka juga menyediakan permainan memacu adrenalin lain, seperti paintball, flying fox dan lain-lain. Semuanya dibagi berdasarkan produk yang kamu pilih. Semakin banyak fasilitas yang kamu dapat, harga rafting songa juga semakin mahal.

Selain di Probolinggo, kamu yang berada di kota lain seperti Surabaya juga bisa booking jadwal rafting dengan cara menghubungi Songa Adventure di kota kamu. Songa Rafting Surabaya berada di Jln. Nginden Semolo 38-40 kav A-11 Surabaya atau bisa menghubungi kontak berikut ini: 031-5967467, 5910755, 5926263.

 

Rafting Songa Bawah

Harga rafting Songa Bawah lebih murah jika dibandingkan dengan Rafting Songa Atas. Untuk Rafting Songa Bawah biayanya Rp 299.000/orang kamu akan mendapatkan paket cukup lengkap buat rafting. Hal yang membedakan antara Rafting Songa Atas dan Rafting Songa Bawah adalah lokasi rafting, yakni Sungai Pekalen Atas atau Sunga Pekalen Bawah.

Rafting Songa Bawah berada di Sungai Pekalen Bawah yang dimulai atau start dari Desa Pesawahan sampai finish di Desa Condong. Jarak tempuh untuk Rafting Songa Bawah kurang lebih 10 km dan akan melewati 35 jeram. Grade Sungai Pekalen Bawah antara 2-3, cocok banget buat kamu yang pemula di dunia rafting. Lama mengarungi Sungai Pekalen Bawah sekitar 2 jam.

Di Sungai Pekalen Bawah ini kamu akan diberikan daya tarik yang cukup banyak, mulai dari pemandangan sawah yang indah, loncatan jembatan, sampai iceway rapids. Semuanya bisa kamu dapat dengan hanya memilih produk paket Rafting Songa Bawah.

Harga Rp 299.000/orang kamu akan mendapatkan fasilitas yang lengkap, seperti minuman selamat datang, air mineral untuk bekal selama rafting, pemandu, tim penyelamat, makan siang, asuransi, transportasi lokal, peralatan rafting standar berupa helm, perahu karet, jaket pelampung, dan dayung, serta trip 10 km untuk rafting.

Jadi jangan takut ikut rafting meski ini merupakan pengalaman pertama kalinya kamu rafting. Di sana kamu akan rafting bersama pemandu di dalam satu perahu karet kamu. Cukup ikuti arahan dari pemandu kamu dan jangan lupa untuk utamakan kerja sama tim.

Jika kamu daftar dengan jumlah orang mencapai 20 ke atas kamu bisa mendapatkan harga spesial, caranya cukup hubungi kontak di atas. Selain itu, kamu pun bisa memesan paket lain yang ditawarkan oleh Songa Rafting, seperti penginapan, paket outbound berupa team building, dan fun game.

Biaya tambahan akan dikenakan jika kamu memesan paket tambahan selain Rafting Songa Bawah. Sebelum kamu benar-benar mendaftarkan diri untuk ikut rafting songa, ada baiknya membaca syarat ikut rafting bersama Songa Adventure.

Syarat Ikut Rafting

Ada beberapa persyaratan yang harus dipatuhi oleh peserta rafting, berikut di antaranya.

Dalam kondisi tubuh yang sehat.

Usia mulai 7 tahun sampai 55 tahun.

Tidak ada riwayat penyakit jantung dan epilepsi.

Untuk perempuan tidak dalam keadaan hamil.

Siapapun bisa ikut, tidak perlu memiliki kemampuan fisik tertentu dulu.

Tidak memiliki keahlian berenang juga bisa ikut.

Minimal peserta 5 orang.