081 330 713 478 info@songarafting.com

Bukan cuma di Sukabumi atau Bali saja, di Probolinggo juga terdapat tempat bermain rafting bersama Songa Adventure. Buat yang belum tahu, Songa Adventure memiliki sungai yang dijadikan untuk rafting atau arung jeram. Songa memiliki banyak paket yang berbeda-beda untuk rafting. Peserta bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhan dan keuangan mereka.

 

Songa Rafting

Songa Rafting Probolinggo merupakan sebuah penyedia jasa wisata adventure yang berada di Jawa Timur atau tepatnya di Probolinggo. Kegiatan arung jeram bersama Songa Adventure sangat menyenangkan karena memiliki jeram yang banyak dan ekstrem untuk diarungi. Lokasinya di Probolinggo di mana di Kabupaten tersebut juga terdapat banyak tempat wisata keren yang bisa kamu kunjungi selain rafting Songa.

Songa sudah lama dikenal sebagai salah satu operator rafting di Indonesia. Mereka berada di Probolinggo dan sekitarnya. Untuk di Probolinggo ada di Sungai Pekalen yang memiliki arus deras, jadi sangat cocok dijadikan sebagai tempat rafting. Kamu yang mengaku sebagai pecinta aktivitas outdoor tentu akan merasa tertantang bisa menaklukkan rute arung jeram Songa Adventure ini. Sungai Pekalen memang sangat pas dijadikan arena rafting karena memiliki puluhan jeram.

Jeram tersebut dibagi menjadi beberapa grade dilihat dari tinggi-rendahnya.Grade 1-4 merupakan kategori aman, tentu untuk peserta pemula. Sungai Pekalen memiliki jeram 2-4. Sungai Pekalen memiliki kedalaman hingga 3 meter dan lebar 5-20 meter. Ada banyak batu-batuan besar yang menambah tantangan aktivitas rafting. Namun, jangan khawatir karena kamu akan dibekali dengan alat rafting standar.

Di antara tebing-tebing tersebut kamu bisa melihat goa berisi penuh dengan kelelawar. Kurang lebih ada ratusan kelelawar dalam goa tersebut, kamu bisa melihatnya dengan jelas karena goa tidak begitu dalam. Selain itu, kamu juga bisa melihat 7 air terjun ketika melewati rute rafting.

Lokasi basecamp Songa Adventure mudah ditemukan, ketika masuk jalan raya Probolinggo sudah ada papan petunjuk besar di pinggir jalan. Kamu hanya perlu menempuh jarak kurang lebih sekitar 15 km untuk sampai di basecamp.

Wisata di Probolinggo

Banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi sebelum atau sesudah rafting bersama Songa Adventure. Berikut ini kami bagikan beberapa tempat wisata di Probolinggo yang bisa dijadikan referensi.

 

Air Terjun Madakaripura

Air terjun ini berada di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau lebih tepatnya di Desa Sapih, Probolinggo, Jawa Timur. Air Terjun Madakaripura  memiliki ketinggian hingga 200 meter dan masuk dalam salah satu air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Meski sudah banyak wisatawan berkunjung ke sini, tapi kebersihan air terjun masih terjaga, sehingga tetap memberikan suasana sejuk dan asri.

Masyarakat Tengger menjadikan kawasan ini sebagai tempat keramat karena diduga sebagai tempat semedi Patih Gadjah Mada terakhir. Air Terjun Madakaripura dikelilingi tebing tinggi menjulang. Siapapun yang berkunjung ke sini pasti akan terpukau dengan indahnya air terjun dan kebersihan yang masih terjaga.

 

Gunung Bromo

Kurang afdol jika berkunjung ke Probolinggo, tapi tidak mampir ke Gunung Bromo untuk melihat sunrise. Untuk sekedar informasi saja, Gunung Bromo ini melingkupi 4 Kabupaten sekaligus, Malang, Probolinggo, Lumajang dan Pasuruan. Jadi jika kamu berada di salah satu dari 4 Kabupaten tersebut, perlu berkunjung ke Gunung Bromo yang juga terkenal dengan Suku Tenggernya.

Spot melihat sunrise di Gunung Bromo berada di Bukit Penanjakan lalu melewati lautan pasir di bawah jalur penanjakan. Masyarakat Tengger menganggap Gunung Bromo ini sebagai gunung suci sehingga mereka selalu mengadakan ritual persembahan setahun sekali dengan nama Yadna Kasada.

 

Pantai Bentar

Di sebelah utara Probolinggo berbatasan langsung dengan selat Madura sehingga kamu bisa melihat pantai dengan ombak tenang di sini. Salah satu yang menjadi tujuan para wisatawan adalah Pantai Bentar. Pantai ini sangat mudah ditemukan karena posisinya berada di Jalan Raya Surabaya-Banyuwangi, Kecamatan Gending. Semakin melonjaknya pengunjung Pantai Bentar membuat pengelola menyediakan banyak fasilitas yang menunjang kegiatan berlibur, sehingga membuat wisatawan semakin nyaman di Pantai Bentar ini.

Dari Pantai Bentar kamu bisa melihat Hutan Mangrove dan Gunung Argopuro  terlihat sangat indah. Jika kamu berkunjung di bulan Januari sampai Maret, kamu bisa melihat atraksi menarik [penampakan hiu paus yang sedang migrasi melintasi lautan perairan Pantai Bentar.

 

Hutan Bakau BJBR

Tidak begitu jauh dari pusat Kota Probolinggo terdapat tempat nongkrong keren bernama Bee Jay Mangrove Resort atau disingkat BJBR. Kawasan hutan bakau dengan jembatan papan kayu dan resort yang ada di sekitarnya. Kawasan tersebut juga termasuk dari salah satu tempat wisata andalan di Probolinggo. Kamu bisa berkeliling di hutan bakau yang subur ini, jika capek bisa beristirahat atau nongkrong di cafe sudut pantai dengan pemandangan selat Madura. Cobalah untuk datang malam hari ke sini maka kamu akan disuguhkan lampu warna-warni yang semakin menambah cantik kawasan ini.

 

Rafting Pekalen

Satu lagi pilihan berwisata di Probolinggo yang seru, yaitu rafting Pekalen. Wisata ini sangat cocok buat kamu yang mengaku sebagai pecinta olahraga menantang. Kamu bisa langsung datang ke Songa Adventure melakukan aktivitas rafting di sungai Pekalen. Terdapat dua paket yang bisa kamu pilih, paket Rafting Songa Atas dan Rafting Songa Bawah. Pembeda dari keduanya adalah harga jaraknya saja.

 

Harga Rafting Songa

Untuk harga rafting songa tergantung produk yang kamu pilih, rata-rata mulai dari Rp 299.000 – 1.150.000 per orang. Fasilitas yang diberikan berbeda-beda di tiap paket.

 

Rafting Songa Atas

Rafting Songa Atas menempuh waktu kurang lebih 3,5 jam. Kamu dituntut untuk kompak di atas perahu karet yang diisi 5 orang (termasuk pemandu) melewati jeram. Semua penumpang di perahu karet tersebut memiliki peran penting, mendayung perahu dan melewati arus air yang deras.

Sebelum masuk ke sungai, peserta mendapat panduan dari pemandu Songa, berisi instruksi yang wajib diikuti demi keamanan, jadi dengarkan baik-baik. Mereka juga memberikan aba-aba kapan kamu harus mendayung maju, mundur, belok dan lain-lain supaya bisa melewati jeram.

Jumlah jeram yang perlu dilewati ada sekitar 50 buah seperti Welcome, Pandawa, Batu Jenggot, Xtravaganza, KPLA, Tripple Ace, Hiu, The Fly Matador, Cucak Rowo, Good Bye, Long Rapid dan lain-lain. Tingkat kesulitan arung jeram di sini dari grade II hingga grade III+.

Di tengah-tengah perjalanan rafting kamu bisa beristirahat sebentar dan kamu diberikan snack untuk mengisi tenaga.

Rafting Songa Atas dipatok dengan harga Rp 399.000 untuk domestik (minimal 5 orang), dan Rp 450.000 untuk international (minimal 5 orang). Jika kamu bersama rombongan dengan jumlah 20 orang bisa hubungi kontak untuk mendapatkan harga spesial.

Fasilitas yang ditawarkan ketika memiliki paket Rafting Songa Atas adalah sebagai berikut.

  • Minuman selamat datang
  • Peralatan rafting standar (dayung, pelampung, helm, dan perahu karet)
  • Air mineral buat bekal rafting.
  • Pemandu
  • Tim penyelamat
  • Snack dan kelapa muda
  • Makan Siang
  • Asuransi
  • Rafting dengan panjang sungai mencapai 12 km
  • Transportasi lokal.