081 330 713 478 info@songarafting.com

Gunung Argopuro atau Gunung Argopura ini merupakan sebuah gunung berapi yang berada di Jawa Timur, Indonesia. Gunung berapi kompleks ini memiliki ketinggian mencapai 3.088 meter. Kini Gunung Argopuro sudah tidak aktif lagi. Gunung Argopuro adalah masuk dalam rantai gunung yang ada di Pulau Jawa dengan puncak tertinggi di pegunungan Hyang. Bersebelahan dengan puncak yang lebih rendah, tapi sangat populer yaitu puncak Rengganis.

Gunung ini tepatnya berada di Bondowoso, Jawa Timur dan diapit oleh 2 pegunungan lain, Gunung Bromo di sebelah barat dan Gunung Raung di sebelah timur. Gunung Argopuro ditetapkan sebagai gunung dengan track paling panjang hingga mencapai 63 km. Gunung Bromo yang ada di sebelah barat Gunung Argopuro memiliki ketinggian hingga 2.329 mdpl, dan Gunung Raung di sebelah timur memiliki ketinggian 3.260 mdpl.

Gunung Raung merupakan tetangga puncak ijen, tempat wisata kawah api biru ijen yang sangat populer tersebut. Sementara Gunung Bromo berdekatan dengan Air Terjun Madakaripura  yang juga memiliki pesona luar biasa. Uniknya, di antara kedua gunung ini terdapat gunung kecil bernama Gunung Lemongan dengan tinggi 1.651 mdpl.

 

Wisata Dekat Gunung Argopuro

Di bagian Tenggara dari Gunung Argopuro terdapat taman nasional MeruBetiri dengan luas lahan mencapai 58.000 hektar. Taman nasional ini sudah ditetapkan sejak tahun 1982 silam. MeruBetiri menjadi tempat pelestarian bunga Raflesia Zollingeriana dan juga hewan tupai terbang jawa. Di bagian selatan ada tempat penangkaran kura-kura, kamu juga bisa terlibat melepas tukik ke laut ketika berkunjung ke sana.

Untuk bagian barat, ada suaka margasatwa dataran tinggi yang memiliki luas mencapai 58.000 hektar, dan telah ditetapkan sejak tahun 1962. Suaka Margasatwa ini mencakup 4 kabupaten sekaligus, Bondowoso, Probolinggo, Situbondo, dan Lumajang.

 

Misteri Gunung Argopuro

Selain memiliki pesona alam yang indah, Gunung Argopuro juga memiliki sisi misteri yang melekat. Sisi mistis tersebut ada di Danau Taman Hidup yang berada di Gunung Argopuro. Danau Taman Hidup masuk dalam wilayah Kecamatan Krucil, Kab. Probolinggo. Danau yang dikelilingi hutan lebat indah ini memang penuh dengan misteri. Konon di zaman dulu, danau ini menjadi tempat bermain Dewi Rengganis, dewi yang terkenal dengan kecantikannya. Dewi Rengganis dibuang ke Gunung Argopuro karena anak selir raja Majapahit.

Masih banyak misteri lain dari Gunung Argopuro yang belum terpecahkan. Memiliki pesona alam begitu indah, jalur penanjakan Gunung Argopuro terbilang liar, setidaknya membutuhkan waktu 5-6 jam perjalanan. Kalian akan melewati kebun warga, hutan hujan tropis, hutan damar, dan hutan lumut sebelum ke puncak. Tidak cuma itu, di sana banyak hewan-hewan liar seperti kelabang, ular, cacing hutan dan lain-lain.

Pendaki yang sudah profesional pun masih perlu hati-hati ketika mendaki Gunung Argopuro ini. Hal tersebut juga yang membuat Gunung Argopuro ini masuk dalam salah satu gunung ekstrem di Pulau Jawa. Pendakian panjang dan lama akan terbayar tuntas jika kamu sudah melihat indahnya Danau yang dikelilingi hutan hijau. Sejauh mata memandang hanyalah alam yang sangat indah.

Para pendaki diwajibkan menjaga perkataan dan tingkah laku ketika mendaki Gunung Argopuro. Tidak diperbolehkan berkata kasar, dan lantang. Apabila melanggar, konon menurut warga sekitar, Dewi Rengganis akan marah dana menurunkan kabut hingga hujan badai. Warga juga bercerita bahwa ada pendaki yang hilang karena melawan kemarahan Dewi Rengganis, pendaki tersebut datang ke danau malam hari.

Ada baiknya, para pendaki mengetahui medan Gunung Argopuro sebelum ikut menanjak. Mereka juga disarankan untuk tidak mendaki ketika malam hari. Entah apa sebabnya, para pendaki lebih baik berhenti ketika malam hari. Mitos yang cukup populer adalah Dewi Rengganis dan dayang-dayangnya gemar menggoda para pendaki untuk masuk dalam Danau. Lepas dari benar atau tidaknya mitos tersebut ada baiknya jika para pendaki memang tidak bertingkah sembarangan ketika mendaki gunung. Tujuan dari mendaki adalah pulang dengan selamat.

Di sekitar Danau Taman ada padang ilalang dan dermaga kayu tua dan rusak. Keduanya merupakan perpaduan cantik untuk background foto. Para pendaki sering berfoto di spot tersebut untuk dokumentasi atau foto instagram. Suasananya yang dan nyaman membuat pengunjung sangat senang berkunjung di danau ini. Bisa dibayangkan betapa indahnya melihat danau yang dikelilingi dengan hutan.

Biasanya para pendaki mengambil air danau untuk persediaan air minum atau masak mereka. Ada juga yang membawa alat pancing dan memancing di danau ini. Para pendaki diperbolehkan membuka tenda di sekitar danau jika mereka ingin bermalam. Namun, mereka kudu berhati-hati dengan hewan-hewan liar di sekitar danau.

 

Alamat

Gunung Argopuro terletak di Kalianan, Krucil, Probolinggo, Jawa Timur. Banyak jalur yang bisa kamu pilih untuk mendaki Gunung Argopuro ini. Namun, saran kami pilih Jalur Baderan yang lebih terkenal dan banyak dipilih oleh para pendaki. Hal tersebut karena di trek Baderan lebih landai, meski panjang. Di Baderan juga memiliki banyak sumber air.

 

Daya Tarik

Banyak yang bisa dilakukan di Gunung Argopuro selain mendaki, salah satunya adalah dengan rafting atau arum jeram Songa. Kamu akan menelusuri aliran air dengan perahu ban bersama sahabat atau kerabat kamu.

 

Rafting Songa

Arum jeram atau Rafting merupakan kegiatan yang memacu adrenalin, sangat cocok buat kamu yang ingin berlibur seru-seruan. Kabupaten Probolinggo memiliki sungai Pakelan yang berasal dari Gunung Lamongan dan juga sumber air Gunung Argopuro. Lebar sungai yang dilalui untuk rafting ada beberapa macam, dari 5 meter sampai 20 meter. Setiap peserta rafting akan melewati sungai yang berliuk-liuk dan batu-batuan besar, membuat kegiatan ini semakin seru.

Jarak arum jeram yang harus ditempuh kurang lebih 12 km dengan waktu 3.5 jam. Banyak variasi rafting yang dilalui ketika rafting di sungai Pakelan, di antaranya adalah Pandawa, Xtravaganza, KPLA, Batu Jenggot, Hiu, The Fly Matador, Tripple Ace, Rajawali, Cucak Rowo, Long Rapid, dan dan Good Bye. Nama-nama tersebut  merupakan penanda peringkat bahaya yang perlu diwaspadai peserta.

Siapapun bisa melakukan rafting songa Probolinggo, bahkan anak-anak 10 tahun pun bisa menjadi peserta rafting. Tentu semua akan diawasi oleh para penjaga yang profesional dan juga tim yang akan mengatur segala kebutuhan buat anak-anak. Peserta hanya perlu mengikuti aturan yang sudah disediakan oleh Songa Adventure.

 

Harga Rafting Songa

Produk Songa Rafting tentu berbeda-beda tergantung paket yang akan kamu pilih. Harga kisarannya berada di angka Rp 229.000-Rp 319.000 perorang dengan waktu tempuh rafting mulai 1.5-2 jam dan 2-2.5 jam.

Paket Rafting Songa yang paling banyak diminati orang adalah Rafting Songa Atas dengan biaya sebesar Rp 339.000. Memilih produk tersebut kamu akan mendapatkan fasilitas berupa welcome drink, air mineral 300ml, transportasi lokal (basecamp to start point) Guide dan Rescue Team, perlengkapan rafting dengan standar, makan setelah kegiatan rafting dan terakhir asuransi.